Kamis, 21 Oktober 2010

Kebaikan dan Keburukan Twitter ala @BenaKribo

Apa sih yang baik dari Twitter?


- Kita bisa ngomong langsung ke siapapun yang kita mau. Entah dibaca ataupun nggak. Bisa langsung ngomong ke temen, sodara, keluarga, artis, bahkan sampe justinbieber pun bisa lo tweet seenak jidat, mo lo tweet 100 kali pun juga ga ada yang larang.

- Ketemu sama temen-temen lama. Kayak gue, tiba2 nemu temen SD, temen SMP, temen TK, siapapun deh. Ngejalin silaturahmi sama orang2 yang udah lama banget ga ketemu dan akhirnya ketemu di twitter.

- Bisa share segala macem yang bersifat positif, video, gambar, link, dan segala macemnya dalam bentuk apapun itu. Jadi bikin orang tambah pinter dan nambah pengetahuan.

- Update sama apa yang terjadi di Indonesia, juga di Dunia. Kalo kita ngefollow account2 yang tepat, kita ngga bakalan ketinggalan sama update2 tentang apa yang lagi terjadi di "detik" itu juga. Bahkan bisa ngalahin kecepatan detik.com ataupun kaskus.

- dan banyak lagi macem²nya sesuai pendapat kalian masing2.


Yang mau lebih gue omongin disini adalah tentang Pengaruh Buruknya.

Apa sih yang buruk dari Twitter?

gue bakal bahas ini satu persatu per poinnya:

1. Twitter tempat semua orang bebas berpendapat, dan bebas berpendapat ke siapa aja tanpa batas. (kecuali yang SARA banget terus di block sama orang2). Apa pengaruhnya?

Contoh:
Misalnya gue, ngga suka sama si Artis A, follower gue 100. Secara langsung atau tidak langsung (update status / reply) gue berpendapat dan ngeshare pendapat itu ke 100 orang follower gue. Oke, mungkin gue bukan siapa2.

Contoh 2:
Misalnya follower gue 100ribu, gue orang berpengaruh di Indonesia, gue berpendapat buruk tentang 'sesuatu' atau 'seseorang', maka secara langsung atau ngga langsung, gue ngeshare pendapat itu ke 100ribu follower gue, yang "ngga kita ketahui" apa yang bakalan mereka cerna dari tweet kita itu.

Bisa aja beberapa persen dari mereka setuju dan "jadi tau", dan ikut setia di belakang gue. Beberapa persen dari mereka "jadi tau" meskipun ngga setuju, dan beberapa persen dari mereka bisa aja ngga peduli, "tapi tetep tau".

Tau disini artinya, mereka, para follower itu "udah baca" / "sekedar udah tau" karena baca tweet gue tadi.

Sori nih gue agak serius. Ini kalo di statistik-in, pasti ada beberapa persen orang/anak-anak/remajaLabil yang ikut terpengaruh "tweet orang tersebut", tergantung orang tersebut adalah orang yang sifatnya gimana.

Menurut gue, yang gue tulis diatas ini adalah satu dari berbagai alasan orang keluar dari twitter. Terutama yang followernya banyak banget. Karena mereka ngedapetin banyak banget mention dari orang2 yang berbeda2 sifatnya, latarbelakangnya, umurnya, dan berbagai aspek lainnya.

2. Twitter bisa bikin temen kita nganggep kita itu Sombong atau Dijauhin.

Apa yang bikin kita bisa dianggep sombong/dijauhin?


- Account twitter dia di PROTECTED. which means, seberapa banyak mention dia ke kita, kalau kita belom follow dia, mentionnya ga bakalan nongol di kita.

ini terjadi sama gue, beberapa bilang gue sombong ga pernah bales tweet mereka, dan ternyata emang bener, tweet mereka di protected, jadi gue emang ga pernah liat tweet mereka. So, it's not my fault after all.

- Kita belum/ngga tau account twitter tmn2 kita.

Tiba-tiba seorang temen curhat sama gue, "ben, si itu marah tuh, katanya elo ga follow dia". Well, dalam kasus ini, dia protected, dan gue emang ga tau account twitter dia apa, sehingga yang terjadi antara gue sama dia adalah : perselisihan/musuhan.

- Mereka sudah 'enggan duluan' untuk memfollow kita.

Kadang juga ada yang kayak gini, mereka udah tau account twitter kita, tapi dia ngga follow kita dengan alasan "udah lama ga berhubungan/ga pernah contact2an lagi.. males ah"


Well. Gue cuma sharing, kalian bisa berpedapat apapun itu tentang tulisan gue ini,
anggep aja ini twitter, everybody can tweet whatever they like.

0 komentar:

Poskan Komentar